Donasi

close
Klik 2x untuk menutup(x)
loading...

Definisi dan Fungsi Tari Sekarjagat


Pengertian Tari Sekar Jagat

Tari Sekar Jagat adalah tarian yang biasanya dipergunakan sebagai tari pembukaan dalam suatu acara. Tarian ini merupakan garapan kelompok yang ditarikan sejumlah penari putri (biasanya antara 5 sampai 7 orang) yang masing-masing membawa sebuah canangsari. Tarian penyambutan ini menggambarkan kegembiraan para penari dalam menyambut para tamu yang hadir. Kegembiraan ini diungkapkan melalui keindahan gerak. Tari Sekar Jagat berasal dua suku kata yaitu dari kata “Sekar” berarti bunga yang harum dan “Jagat” adalah dunia, sehingga tari ini bisa berarti pula tarian bunga di taman yang harum di seluruh dunia, menggambarkan damainya dunia dengan semerbak kembang – kembang bunga yang menghiasinya. Tarian ini diciptakan oleh N.L.N. Swasthi Wijaya Bandem (yang juga sebagai penata busananya) pada tahun 1993 dalam rangka pembukaan Pameran Wastra Bali di Jakarta. Penata iringannya adalah I Nyoman Windha. Tarian ini diilhami oleh tarian upacara, Rejang dan Pendet dari daerah Asak (Karangasem).

Fungsi Tari Sekar Jagat

Pada awal pementasan nya tarian sekar jagat diiringi oleh alat musik tradisional bali berupa gambelan yang dimainkan oleh seniman I Nyoman Windha.

Adapun fungsi dari tarian sekar jagat yakni sebagai upacara sambutan bagi tamu kehormatan sekaligus dapat digunakan sebagai media hiburan.

Gerakan dalam tari tersebut menggambarkan suatu kedamaian di alam semesta sekaligus menggambarkan suasana yang semerbak oleh bebauan dari bunga. Tak heran jika tarian ini memiliki properti utama berupa ikatan bunga yang dipegang masing-masing penari.

Tarian ini dilakukan oleh para wanita yang terdiri dari empat hingga tujuh penari. Sekilas jika kita menyaksikan pertunjukan tari dari Bali ini mungkin mengira bahwa para penari memiliki rambut sangat panjang.

Ciri-Ciri Tari Sekar Jagat

Tari Sekar Jagat (Jumlah anggota ganjil):
Tata Busana:
a)  Tapih
b)  Kamen (pemakaiannya melancing)
c)  Angkin Prada
d)  Selendang 2 buah diikat pada pinggang penari, agar kamen tidak lepas
e)  Pending Dipakai dipinggang, fungsinya untuk menutup ikatan pada
     selendang dan sebagai hiasan.
f)  Badong Dipakai di leher
g) Gelang
h) Gelungan khususn untuk menari sekar jagat
i)  Cemara
j)  Satu Bunga imitasi warna merah
k) Satu bunga  emas


Kritik Tari Sekar Jagat

Gerakan – gerakan dalam tarian sekar jagat ini terlalu banyak gerakan tangan yangterus di ulang – ulang, jika seperti ini penonton akan cenderung bosan untuk menonton tariansekar jagat, dan seperti kita ketahui bersama bahwa tari Bali terkenal dengan lirikan atau
“sledetan”
 mata yang mengandung makna mendalam. "ebih baik jika gerakan mata lebihdominan di mainkan dari pada gerkan tangan yang berulang – ulang. #edua selain gerakanmata, gerakan kepala terlalu sedikit di tonjolkan di tari sekar jagat, akan lebih bagus jikagerakan kepala
“ileg – ileg”
 karena akan mencermikan gadis – gadis bali yang manis dansederhana. #etiga mengenai sarana yang dibawa yakni wanci yang berisi bunga dalam tariansekar jagat, kebanyakan dewasa ini menggunakan bunga palsu, akan lebih etis dan lebih asri jika digunakan bunga asli yang berasal dari bunga – bunga harum di Bali, seperti misalnya bunga kamboja, cempaka, kenanga yang dirangkai sedemikian rupa pasti akan terlihat cantik.$alaupun jika menggunakan bunga palsu akan lebih awet, namun jika digunakan bunga aslidan yang masih segar akan lebih mengandung kesucian dari pulai bali kita tercinta. #eempatmengenai busana yang digunakan oleh penari tari sekar jagat ini cenderung kurang cerah,mengapa dalam menarikan tari sekar jagat diperlukan busana yang cerah dan bersih  jawabannya karena sesuai dengan nama dan makan dari tari sekar jagat ini, mencerminkankeindahan dari pulau bali, dan jika busana yang digunakan warnanya gelap dan suram makatidak sesuai dan tidak mendukung dalam pementasan tari sekar jagat dan penari akan kurang percaya diri dalam menarikan tarian ini. 



Info Klise Saya hanyalah seorang blogger biasa yang jauh dari kata sempurna dan disini saya ingin berbagi pengalaman pribadi kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus dibagikan kepada orang lain, agar bisa dijadikan sbuah pembelajaran dan termotivasi.

0 Response to "Definisi dan Fungsi Tari Sekarjagat"

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...